Monday, May 23, 2016

Blogger sebenarnya sudah memiliki template bawaan yang dapat kita pilih. Namun bagi sebagian besar orang, template bawaan blogger kurang menarik kecuali bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk membuat dan mengedit template blog sendiri.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir, ada ribuan template gratis yang siap pakai untuk kita pasang di blog kita. Ada banyak pilihan template sesuai konten blog kita.

Pemilihan template ini sangatlah penting di lakukan di awal pembuatan. Kita harus memilih satu template yang sesuai dan pas menurut kita. Agar di kemudian hari tidak terjadi bongkar pasang template.

Sebenarnya template dapat diganti kapanpun kita mau, namun efeknya kita harus menata ulang dari awal saat kita menggunakan template baru. Karena itulah, sebaiknya pilihlah satu template yang benar-benar mantap menurut kita. Kita dapat memilih 2-4 template untuk kita coba. Saat hasilnya belum sesuai dengan keinginan segera ganti dengan template yang lain. Baru setelah kita mendapatkan template yang sesuai, kita melakukan penataan tata letak tampilan blog kita.


Untuk template blog ini, saya menggunakan template simple dengan 3 collum, dengan susunan sidebar di kanan kirinya. Penempatan sidebar di sisi kiri postingan sebenarnya kurang baik. Namun sengaja saya pilih karena blog ini sebagai bahan belajar.

Saya sarankan teman-teman untuk memilih template dengan sidebar yang terletak sisi kanan, baik tiga kolom maupun 2 kolom.

Setelah template pilihan kita dapatkan, ikuti langkah di bawah ini :
1. Buka dashboard blogger kita
2. Pilih tab template

3. Klik Cadangkan / Pulihkan


4. Choose File template yang sudah kita pilih tadi. Browse dimana kita meletakkan file template kita. Pilih file dengan format xml dan klik UNGGAH. Selanjutnya blogger akan menyimpan dan menerapkan template baru yang langsung dapat kita lihat tampilannya. Cek apakah sudah sesuai keinginan kita ?


Inilah tampilan awal blog ini setelah diganti template dengan template dari luar blogger.

Jika template yang kita pakai belum sesuai keinginan segera ganti dengan template yang lain agar selanjutnya kita tidak disibukkan dengan kegiatan mengatur tata letak saat kita menggunakan template baru.


2 comments:

  1. Maaf, untuk trik mencari templet yg bukan bawaan, gmana caranya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru online, untuk template dari luar banyak kok, itu sudah aku posting juga
      http://teacher-goblog.blogspot.co.id/2016/05/template-blog-gratis-untuk-blog-kita.html

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

LIKE US ON FACEBOOK

Popular Posts

FOLLOW ME