Wednesday, May 25, 2016

Untuk membuat gambar header sesuai keinginan kita, maka di perlukan sedikit keahlian desain grafis, dan sedikit kemampuan mengoperasikan sofware desain grafis seperti Photoshop, Corelldraw, Adobe Ilustrator atau Macromedia Freehand. Ada banyak macam software desain grafis yang dapat teman-teman gunakan untuk mendesainnya.

Untuk saya sendiri, header blog ini saya buat dengan Macromedia Freehand, Photoshop dan ACDSee. Banyak yang tidak mengenal Macromedia Freehand, karena memang software ini sudah tidak di produksi lagi.

Sebenarnya membuat gambar header blog tidaklah sulit. Salah satu proses yang memakan waktu lama adalah mendapatkan ide bagaimana desain yang akan kita buat. Karena ide tersebut berkaitan dengan bagaimana kira-kira bentuk desain header (judul blog) yang kita inginkan nantinya. Pemilihan warnanya, jenis font dan gambar logo jika kita juga ingin menambahkan gambar logo kita.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan gambar header (judul blog) adalah mengetahui dulu berapa ukuran header yang di pakai dalam template yang kita pakai. Setiap template memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui ukuran header blog kita.

1. MENGINTIP UKURAN LOGO BAWAAN TEMPLATE

Melihat ukuran logo template bawaan. Cara ini merupakan cara praktis dan pasti pas. Saat kita mendownload template, pasti di dalamnya disertakan logo templatenya. Klik logo template bawaan dan baca keterangan di bawahnya. Teman-teman juga bisa mengetahui ukuran ini dengan membuka gambar logo tersebut dengan menggunakan ACDSee.



2. MENGINTIP UKURAN MELALUI INSPECT ELEMENT

Caranya dengan membuka halaman blog kita, dan tempatkan kursor pada header blog. Klik kanan dan pilih INSPECT ELEMEN. Makan akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menginformasikan ukuran gambar header kita.



3. MENGINTIP MELALUI EDIT HTML

- Masuk ke dashboard blog kita, dan klik pada tab TEMPLATE.
- Lalu pilih EDIT HTML. Letakkan kursor pada bagian kode script (dimanapun bisa).
- Beri perintah dengan CRTL+F
- Ketikan kode ini tanpa tanda petik "#header-wrapper"
- Dan temukan ukuran header blog kita di sana.
- Tidak semua template bisa dicari dengan cara seperti ini, termasuk template blog ini.



4. CARA KUNO DENGAN SS TAMPILAN BLOG

Saya pernah baca cara ini dan mencobanya. Yaitu dengan screen shoot tampilan blog kita dalam view normal. Kemudian memotongnya pada bagian header saja dan hasilnya di pastekan pada photoshop untuk mengetahui ukurannya.

Cara ini tidak begitu akurat, karena saat saya terapkan di blog seringkali terlalu besar. Sebagai saran dari saya untuk mengetahui ukuran header adalah cara pertama dan ketiga. Untuk template gratisan lebih aman dan cepat menggunakan cara pertama. Pada template premium ukuran header bahkan bisa diedit sesuai dengan keinginan kita melalui EDIT HTML.

Nah setelah ukuran header kita dapatkan, selanjutnya kita dapat memulai membuat desain dengan menggunakan software desain yang kita kuasai dengan ukuran sesuai ukuran header blog kita. Jangan lupa hasilnya akhirnya di simpan dalam format PNG untuk menghindari warna latar yang tidak sesuai dengan template. Jika header template berwarna, maka akan muncul warna latar putih pada tampilan header kita jika di simpan dalam format JPG yang akan mengurangi kecantikan blog kita.

Di bawah ini beberapa software desain grafis yang mungkin ingin di coba.

Software pembantu :
1. ACDSee

14 comments:

  1. Terima kasih...
    Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. Halo Guys !! Kami Mengucapkan Selamat Hari Natal & Tahun Baru 2018

    Kini Telah Hadir Game Poker Terbaik & Teraman di Asia lho !!
    Disini Hanya Dengan 1 User Id saja Kalian Sudah Bisa Main kan 7 Game dari Kami :

    BandarPoker | PokerOnline | CapsaSusun | DominoQQ | BandarQ | AduQ | SAKONG

    Dan Ada Juga Promo Lho dari Kami :
    ☆ Bonus Referral 10% + 10% ( Seumur Hidup )
    ☆ Bonus Turn Over 0,5% DI BAGIKAN SETIAP HARI !!
    ☆ NO ROBOT & ADMIN
    ☆ 100% Fair Play Member Vs Member
    ☆ Proses Deposit & Withdraw 1-2 Menit

    Untuk Kalian Yang Berminat Gabung Bersama Kami bisa Hubungi Customer Service kami di :

    BBM : 2B8938F7
    FACEBOOK : rubyqq
    SKYPE : RUBY QQ

    ReplyDelete
  3. klik kanan info image juga bisa gan

    ReplyDelete
  4. teri

    Terima kasih artikel nya saya baru mau buat blog lagi saya harus persiapkan apa yang diperlukan terima kasih sahabat


    ReplyDelete
  5. terimakasih banyak master, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. kunjungi b alik gan.

    sobatit99.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Pas nyari informasi tentang logo blog nemu
    disini pas banget, terimakasih gan.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Ada banyak situs online yang dapat melakukan kompres foto 200kb atau dibawah itu, tanpa menguarangi kualitas dari foto tersebut. Sebagai contoh, karena di sini saya lebih mengutamakan ukurannya agar bisa lebih kecil di sini saya memilih Serious Compression.

    Proses kompres PDF biasanya dilakukan pada tahap akhir sebelum file dilampirkan dan dikirim melalui electronic mail, jadi pastikan terlebih dahulu semua info yang ada di dalam file tersebut sudah sesuai sebelum Anda mengirimnya.

    Nah, jikalau kita menyimpan ratusan bahkan ribuan foto, mungkin akan sangat menyita kapasitas ruang penyimpanan memori kita.

    Untuk Anda yang menggunakan file yang besar dan belum bisa mendapatkan ukuran kurang dari 200KB, silahkan ulangi langkah-langkah diatas dengan menggunakan file yang sudah dicompress tadi, maka nanti ukurannya akan semakin kecil.

    Batas ukuran file adalah 5GB. Bahkan dengan PDF yang besar, ini akan membutuhkan waktu beberapa detik bagi alat kompresi kami untuk melakukan sihirnya.

    Gambar secara otomatis akan terkompres dibawah 200kb. Untuk menyimpan klik Save dan pilh lokasi pinyimpanan.

    Akan tetapi di sini saya akan menggunakan aplikasi kompres yang bisa didownload secara gratis, soal kualitas tentunya bisa bersaing dengan aplikasi kompres berbayar.

    Dan ini sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan pendaftaran on the internet baik itu pendafatran calon mahasiswa baru, calon pegawai baru, CPNS, Cara Kompres Foto 200kb melawar kerja, pengajuan proposal dan lain sebagainya.

    Cara berikut ini adalah kompres file foto secara on the web, bisa anda menggunakan android ataupun komputer dan pastinya harus terhubung ke jaringan World wide web. Langkah pertama silahkan kunjungi situs berikut ini:

    ReplyDelete
  10. Maksih Mas toturialnya ya

    Saya akan coban pada blog travel agent Paket Wisata Bromo

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.

LIKE US ON FACEBOOK

Popular Posts

FOLLOW ME